ALASAN MENGAPA KITA HARUS MENULIS



                Semua hal yang kita lakukan di dunia ini haruslah memiliki alasan yang kuat. Jika tidak memiliki alasan yang kuat, kemungkinan besar kita akan merasa malas saat melakukannya dan menganggap bahwa apa yang dilakukan tersebut tidak berguna. Begitupun dengan menulis, kita harus memiliki alasan tersendiri mengapa kita harus menulis. Alasan tiap orang untuk menulis tentunya berbeda-beda. Ada yang terpaksa untuk memenuhi sebuah tugas, ada juga yang melakukannya dengan senang hati karena merupakan sebuah hobi. Kalau kamu, apa alasan terkuat yang membuatmu harus menulis?

                Salah satu penyebab seseorang malas untuk menulis adalah karena tidak mempunyai alasan yang kuat. Akhirnya, orang yang tidak memiliki alasan yang kuat menjadi takut dan berpikiran bahwa menulis itu membosankan, akan menyebabkan stuck saat mencari ide dan inspirasi, membuang waktu, dan lain-lain. Padahal, banyak sekai manfaat yang didapatkan dari menulis. Oke, pada postingan kali ini saya akan memabahas beberapa alasan mengapa kita harus menulis. Semoga bermanfaat J


1. SEBAGAI KARYA NYATA YANG BERMANFAAT DAN BUKTI BAHWA KITA PERNAH ADA
                Dengan menulis hal yang baik, tentunya apa yang kita tulis dapat bermanfaat bagi orang lain. Di era digital seperti sekarang ini, kita dapat menulis dimana saja. Bisa dengan menulis sebuah buku maupun menulis artikel di blog. Mungkin ada beberapa orang yang menganggap bahwa apa yang kita tulis sederhana, tapi percayalah, ada juga sebagian orang yang berterima kasih karena apa yang kita tulis dapat menjadi pencerahan dan motivasi bagi orang lain. Hal itu tergantung dari apa yang kita tulis. Karenanya, tulislah hal yang baik dan positif.
Ketika seseorang hidup, dia akan dikenal orang banyak dengan apa yang dilakukannya. Ada yang bersifat positif ada pula yang bersifat negatif. Misalnya seseorang menjadi terkenal karena pernah melakukan 99 kali pembunuhan. Ada juga seseorang yang terkenal karena 99 kali memenangkan kejuaraan karate. Tapi ketika seseorang itu meninggal, hanya beberapa saat kabar meninggal tersebut tersebar dan banyak dibicarakan. Setelah itu, semua akan kembali seperti semula. Orang tersebut tidak lagi dikenang. Tapi ketika seseorang menulis, walaupun penulisnya sudah meninggal, tulisannya akan tetap hidup dan membuat orang-orang mengenal penulis yang telah meninggal tersebut karena tulisannya. Ya, menulis akan membuat umur kita menjadi lebih panjang dari umur hidup kita. Walaupun sudah meninggal, seseorang akan mengenal kita lewat apa yang telah kita tulis.


2. SARANA AKTUALISASI DIRI

                Ternyata menulis bisa menjadi sebuah sarana aktualisasi yang memberikan kepuasan tersendiri, ya walaupun hal ini sebenarnya tidak berlaku bagi semua orang. Misalnya ketika kita sedang meiliki masalah, uneg-uneg, gagasan, pemikiran dan banyak hal lainnya. Dengan menulis apa yang ada di dalam pikiran kita dapat tersalurkan.


3. MENJADI ORANG TERKENAL

                Siapa yang tidak tahu dengan film Harry Potter, sebuah film yang cukup terkenal dengan penulis J.K Rowling. Selain itu, di Indonesia sendiri banyak sekali orang-orang yang menjadi terkenal karena tulisannya. Misalnya Tere Liye, Habiburrahman El Shirazy, Fiersa Besari dan masi banyak lagi.


4. MENJADI KAYA

                Ada banyak makna kaya yang akan didapatkan ketika kita menulis. Misalnya dengan menulis kita akan kaya dengan karya, pengetahuan dan kaya akan uang juga tentunya. Hal terakhir merupakan salah satu kekayaan yang paling mengasyikan bukan?

                Mislanya dengan menuliskan sebuah buku, baik itu dengan cara diterbitkan oleh penerbit maupun secara self publishing, setiap buku yang terjual akan menghasilkan royalti yang nanti masuk ke kantong kita. Begitu juga dengan menulis di blog, jika didaftarkan ke google adsense dan mendapatkan monetisasi, tulisan tersebut akan menjadi passive income bagi kita. Jadi bagaimana, sampai sini semakin semangatkah untuk menulis?


5. MENAMBAH RELASI DAN NETWORKING

                Kita dapat ikut bergabung dengan beberapa komunitas penulis yang akan membuat kita semakin semangat untuk menulis dan menambah wawasan juga. Selain itu, jika tulisan kita diapresiasi oleh orang lain karena tulisannya memang berkualitas. Kita juga bisa ditawarkan oleh media massa, perushaan, pengusaha dan lain-lain untuk bekerja sama dalam berbagai keperluan. Seperti untuk media promosi dan lain sebagainya.

                Kita juga dapat mengembangkan kemampuan menulis kita dengan mengikuti berbagai lomba, misalnya lomba cerpen, puisi, essay dan lain-lain. Selain pengalaman, kita akan mendapat relasi dan hadiah tentunya jika memenangkan perlombaan tersebut.


6. PENGHILANG STRESS DAN MENUMBUHKAN KREATIVITAS

                Untuk poin yang satu ini, saya juga sudah membuktikannya. Ketika saya memiliki masalah, salah satu hal yang saya lakukan adalah menulis. Dengan menulis seseorang akan merasa menjadi lebih baik dan stres berkurang bahkan hilang. Saya sendiri suka membayangkan bahwa seluruh beban ada di dada saya. Ketika menulis beban tersebut saya keluarkan melaui jari-jari hingga akhirnya beban tersebut hilang dan tak terasa lagi.

                Banyak juga seseorang yang kreativiasnya muncul dengan menulis. Misalkan seseorang yang sedang galau karena putus cinta. Daripada memaki dan meronta tanpa arah, rasa ‘galau’ tersebut bisa disalurkan dengan cara membuat puisi sakit hati yang nantinya menjadi karya nyata yang bermakna.


7. SARANA PENDIDIKAN DAN DAKWAH

                Pendidikan merupakan salah satu alasan mengapa saya menulis. Terkadang, jika ada materi yang telah diajarkan seorang guru, saya mencoba untuk menuliskannya kembali untuk menguji kepahaman saya (walaupun ini masih jarang dilakukan sih, hehe. Do’ain ya biar saya makin rajin lagi nulisnya). Selain itu, dari segi pendidikan banyak sekali ilmu yang dapat kita pelajari dari sebuah tulisan, baik melalui artikel, buku, jurnal, skripsi atau tulisan lainnya. Bagi seorang scientist kemampuan menulis ini sangat dibutuhkan untuk dapat mempublikasikan hasil penelitiannya supaya diakui dan bermanfaat bagi orang lain.

                Dakwah sendiri tidak melulu harus dilakukan dengan cara berbicara, salah satu caranya dapat dilakukan dengan menulis. Bahkan, kebermanfaatan dari sebuah tulisan dapat lebih luas karena dapat dibaca kapan dan dimana saja. Tidak seperti kajian biasa yang harus dilakukan melaui tatap muka. Kita dapat berdakwah melaui tulisan lewat sosial media, blog, media massa, buku dan lain sebagainya. Inshaa Allah, apa yang kita tulis akan bermanfaat dan menjadi sumber pahala yang tiada putusnya.

Sekian pembahasan saya tentang alasan mengapa kita harus menulis. Semoga bermanfaat J
Jangan lupa share tulisan ini jika dianggap bermanfaat dan berikan komentar kalian di kolom komentar ya J

Penulis : Resi Anjani
Akun sosial media :

Comments

  1. semangat menulis setelah melihat point ke-4 :')

    ReplyDelete
  2. Setuju sekali Bu Resi, kita dapat memberikan manfaat kepada orang lain dengan tulisan kita yang positif..
    Sebaik2nya manusia adalah manusia yang bermanfaat..
    Makasih sharing nya..

    ReplyDelete
  3. numpang promote ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengejar Cinta Karmila

KENAPA KITA TIDAK SUKSES ?

Belajar Sabar dari Kisah Nabi Ayyub AS