INFO PENTING PEMILU 2019


Assalamu’alaikum wr. wb.
Apa kabar semuanya? Semoga sehat. Gak kerasa ya tinggal beberapa hari lagi menuju pesta demokrasi alias PEMILU (Pemilihan Umum) Tahun 2019. Gimana, sudah siap untuk berpartisipasi dalam acara akbar ini?
BTW, pernah gak sih kalian bertanya-tanya kenapa di Negara Indonesia ini harus ada Pemilu untuk menentukan calon pemimpin? Hehe. Jawabannya karena Indonesia merupakan negara demokrasi dimana sistem pemerintahannya dilakukan oleh, dari dan untuk rakyat. Jadi, salah satu perwujudan dari demokrasi itu adalah dengan diadakannya pemilu.
Menurut Undang-undang No. 7 Tahun 2017 pasal 1 ayat 1, Pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat untuk memilih anggota DPR, DPD, presiden dan wakil presiden serta DPRD yang dilaksanakan secara luas, bebas, rahasia (luber) jujur dan adil (jurdil) dalam NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Beberapa Permasalahan Terkait Pemilu
            Ada yang ngerasa panas gak? Hmm... ya jadi menjelang Pemilu keadaan memang semakin panas (buat kalian yang ngerasa dingin, artinya hati kalian belum ada yang ngisi. Eh kok jadi... udahlah). Apa aja sih permasalahan terkait pemilu yang bikin panas itu ? cek it dot ya !
1. Hoax (Berita Palsu)
Image result for HOAX
            Di zaman serba digital ini, siapapun udah bisa jadi jurnalis. Mereka bisa nulis dan nyebarin berita yang kebenarannya itu belum tentu bisa dipertanggungjawabkan. Ada banyak banget media yang bisa menjai sarana untuk penyrbarluasan hoax ini. Salah satu medsos yang paling sering digunakan adalah Whatsapp. Yup, banyak banget berita yang dapat kalian temukan di WA. Umumnya sih berasal dari grup gitu ya. Informasi yang disebarluaskan umumnya sangat menyedot perhatian dan dapat membuat si pembaca merasa perlu untuk membagiakan informasi tersebut tanpa klarifikasi terlebih dahulu.
            Terkait pemilu sendiri, banyak para pendukung dari calon kandidat baik capres maupun legislatif yang saling menyebarkan kejelekan-kejelekan dari kandidat lainnya. Terkadang informasi semacam ini membuat kita bingung. Apa ini bener? Jadi gimana dong cara supaya kita bisa menjadi pribadi yang lebih cerdas lagi ketika mendapatkan sebuah informasi?
            Caranya simpel sih. Intinya, kita harus crosscheck berita apapun itu. Jangan sampai mudah percaya dan langsung menyebarluaskan sebuah berita tanpa klarifikasi terlebih dahulu.
2.  Hate Speech (Ujaran Kebencian)
Image result for hate speech
            Coba deh kalian buka sebuah video di youtube yang berhubungan dengan pemilu, misalnya tentang profil salah satu kandidat capres deh. Terus, coba kalian lihat komenannya, scrolling aja. Umumnya disana kalian bakal nemuin beberapa komentar yang negatif gitu lo. Ya, kaya semacam ujaran kebencian. Ah, kalo gw sendiri gak kuat deh kalo udah lihat komenan yang boom banget, nunjukin ketidaksukaan seseorang terhadap orang lain.
            Hate speech atau ujaran kebencian ini sifatnya memang subjektif sih. Iya, semua orang memang bebas untuk berpendapat. Tapi, kita juga gak boleh berpendapat seenak jidat. Apalagi semenjak ada Undang-undang ITE, pelaku penyebar hate speech yang bisa berakibat pada pencemaran nama baik ini bisa mendapat sanksi lo, baik berupa denda maupun pidana. Jadi, lebih smart lagi ya dalam mengemukakan pendapat.
            Oh iya, kalo kalian lihat komentar yang offensive banget dan gak layak gitu kalian bisa laporin ke alamat E-mail : adukankonten@kominfo.go.id Selain itu, untuk memeperkuat bukti kalian juga bisa kirim screenshoot dan link aduan itu ke alamat e-mailnya yaaa.
3. Memilih Untuk Golput
            Ada yang masih bingung buat nentuin pilihan? Di Indonesia sendiri pendidikan politik memang masih rendah. Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa memilih atau tidak memilihpun tidak dapat mengubah apa-apa. Ada yang bilang gini, “Sipapun yang jadi pemimpinnya, tetep aja gw yang cari nafkah sendiri”, “Buat apa milih. Toh, calonnya juga kaya gitu. Gak ada satupun yang kelihatannya bisa buat mimpin negeri ini. Mending golput aja deh” dsb.
            Ingat semuanya, uang senilai 1 juta juga tidak akan menjadi 1 juta jika kehilangan Rp. 100., Intinya, satu suara saja sangat berpengaruh untuk mementukan masa depan suatu bangsa. Iya, memilih untuk tidak memilih juga merupakan sebuah pilihan. Tapi, sebagai seorang warga negara kita mempunyai hak dan kewajiban. Salah satu dari kewajiban tersebut adalah untuk berpartiipasi dalam pemilu. Niatkan langkah kita untuk mengikuti pemilu nanti karena Allah yaaa


Oke, sekarang Ires mau kasih tips penting sebelum kita mengikuti pemilu. Apa aja? Simak selengkapnya di bawah ini ya J
1. Cek Apakah Kamu Sudah Masuk Ke Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau belum
            Caranya mudah banget kok. Tinggal ambil hp, terus masuk ke browser dan masukan alamat www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id  Disana kalian tinggal masukin naman dan NIK. Jika belum terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) kalian bisa input sendiri data melalui aplikasi KPU atau laprkan sendiri ke panitia pemilu yang berwenang ya.
2. Kenali Para Calon Yang Akan Menjadi Pilihanmu
            Kalo kita mau beli suatu barang, pasti dilihat dulu dong spesifikasi dari barang tersebut. Apalagi dalam urusan pemilu yang menentukan masa depan suatu bangsa, kita harus tahu dulu dong orang yang mau kita pilih itu gimana. Oh iya, berkaitan dengan banyaknya hoax dari bebargai sosial media, pastikan dulu kamu mencari informasi di tempat yang terpercaya. Berikut adalah bebarapa website terpercaya yang bisa digunakan :
            Oke, mungkin itu aja informasi yang bisa gw share buat kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat ya. Sampai bertemu di TPS di kotamu.... J
Wassalamu’alaikum wr.wb.

Comments

Popular posts from this blog

Mengejar Cinta Karmila

KENAPA KITA TIDAK SUKSES ?

Belajar Sabar dari Kisah Nabi Ayyub AS