Pelatihan Blogger di Cianjur



 Assalamu'alaikum wr. wb.


Hallo semua ! Apa kabar ? Semoga sehat ya dan untuk siapapun yang sedang sakit semoga lekas sembuh, Aamiin Ya Rabbal Alamin. Sudah lama tidak posting, jadi rindu hehe. Karena kata Dilan rindu itu berat, jadi sekarang saya posting supaya rindunya hilang. Oke, langsung saja kali ini saya akan menceritakan pengalaman ketika mengikuti pelatihan blogger di Cianjur, tepatnya di Gedung DISARPUS Cianjur. Ini adalah kali pertama saya mengikuti pelatihan blogger, banyak pengalaman seru, ilmu yang bermanfaat dan relasi baru yang didapatkan. So, tanpa buang waktu lagi kita mulai saja ceritanya. Cek it dot !

Lupa tepatnya hari apa, tidak ingat juga darimana. Satu yang pasti, melalui akun Whatsapp (WA). Karena WA saya sepi dengan chat pribadi dan ramenya hanya dengan chat dari grup, akhirnya tanpa sengaja saya mendapat info tentang pelatihan blog di Cianjur dari grup WA. Usut punya usut, pamflet dari kegiatan tersebut saya pasang di snap WA dengan caption "kuy". Finally, ada beberapa teman yang ingin mengikuti kegiatan tersebut. Alhamdulillah, akhirnya saya memiliki teman yang mau mengikuti pelatihan blogger, gak jomblo lagi deh haha. Bersama beberapa teman, kami berencana untuk mengikuti kegiatan tersebut. Namun, pada akhirnya beberapa dari mereka tidak jadi mengikuti pelatihan. Hanya satu teman orang yang jadi mengikuti yaitu teh Tina. Ah, satu saja sudah lebih dari cukup, kedatangan orang ketiga itu menyakitkan bukan ? (ngawur ah haha)

Karena banyaknya hal yang harus dikerjakan menjelang UTS (Ujian Tengah Semester), saya baru sempat bersiap-siap (menyetrika, packing dan lain sebagainya) untuk pelatihan blogger pada waktu subuh. Dari sejak malam hari, panitia telah mewanti-wanti agar datang tepat waktu, pukul 09.00 WIB. Saya sudah siap berangkat dari pukul 08.00 WIB. Tapi karena menunggu seorang teman jadi saya belum berangkat, toh jam 09.00 WIB masih masih 1 jam lagi. Oh iya, saya hampir lupa jika salah satu persyaratan untuk mengikuti pelatihan adalah harus membawa fotocopy KTP dan pas foto sebanyak 3 lembar. Apa kabar saya? jangankan mencetak foto, difoto saja belum. Akhirnya saya mencoba mengambil foto sendiri dengan menggunakan tongsis. Entah kenapa, rasanya ada saja yang kurang dari foto yang saya ambil. Karena teman saya masih belum datang, saya mencoba berganti kerudung sampai 3x untuk mendapatkan hasil foto yang pas. Belum juga mendapatkan foto yang sesuai, tiba-tiba teman saya datang sekitar pukul sembilan kurang. Astagfirullah, sepertinya kita akan terlambat.

Teman saya, teh Tina datang dengan wajah agak kusut karena ada chat WA darinya yang belum saya buka. Teh Tina menyuruh saya untuk mencetak foto, tapi saya tidak tahu karena tadi sibuk berfoto dan tidak membuka WA. Dengan terburu-buru kami mencetak foto dan mengcopy KTP hari itu juga. Kami tiba di salah satu tempat percetakan, namun sayangnya si penjaga tempat percetakan mengatakan bahwa di sini tidak bisa mencetak foto. Setelah beberapa lama berkeliling, akhirnya kami menemukan tempat percetakan foto sekaligus fotocopy. Saya dan teh Tina menunggu sekitar setengah jam, akhirnya kegiatan cetak mencetak dan menggandakan itu selesai. Di sela-sela waktu menunggu, saya menge-chat seorang teman yang ternyata mengikuti acara yang sama, dia mengatakan bahwa acara sudah dimulai. Ok, fix kami terlambat. Apalah daya, nasi sudah menjadi bubur, waktu tak dapat diputar kembali. Sakit, sedih, kecewa sedikit mengguncang jiwa. Tapi bagi saya tak apalah yang lalu biarlah berlalu. Terlambat itu lebih baik daripada tidak sama sekali bukan ? Kami tetap melanjutkan perjalanan walau tahu pasti akan terlambat.  

Ketika sampai di tempat tujuan, ruangan sudah hampir penuh, untung masih ada beberapa bangku kosong yang bisa kami gunakan. Hanya bangku tanpa meja, tapi ada beberapa peserta yang mengajak kami berkumpul di meja yang sama. Alhamdulillah ada juga yang mau berbagi. Kita saling berbagi tepatnya, saya berbagi colokan kabel (terminal) untuk mengisi daya, berbagi teatring internet karena jaringan di hp teh Tina sedang bermasalah. Teh Tina berbagi tumpangan karena saya belum punya kendaraan. Tak hanya itu, banyak hal yang saling kami bagi, berbagi pengalaman sesama peserta seminar, berbagi nomor hp, berbagi rasa cinta, kebahagiaan dan juga kebersamaan. Berbagi itu memang indah ya, sama indahnya seperti saat bisa melihat orang yang kita cinta tersenyum bahagia hehe. Beruntung juga, trainernya baik hati dan tidak sombong. Walaupun terlambat, saya dan teh Tina tidak dihukum seperti saat kita terlambat saat mengikuti kegiatan ospek, eh kok jadi ke ospek ya. Ah ya udahlah hahaha.

Setelah beberapa mengikuti pelatihan tersebut, semangat saya untuk menulis kembali naik. Walaupun ada beberapa materi yang tak tersimak karena terlalu lama nangkring di tempat fotocopy. Adapun beberapa materi yang masih saya ingat adalah bahwa dengan menulis (ngeblog) banyak manfaat yang bisa didapat. Salah satunya adalah bisa bermanfaat bagi orang lain melalui tulisan, tentunya dengan menulis hal-hal yang positif dan bermanfaat ya. Oh iya, ada salah satu istilah yang baru saya dengar juga, yaitu “niche blog”. Niche blog adalah topik dari sebuah blog, misalnya kesehatan, teknologi, pendidikan, gaya hidup dan lain sebagainya. Jika kita tekun dan fokus dalam satu niche blog, kita bisa menjadi seorang ahi dalam suatu bidang tertentu dan dapat menjadi konsultan juga lho, keren kan ?

Apa yang dapat ditinggalkan seseorang setelah meninggal ? Dalam agama saya sendiri dijelaskan bahwa ada 3 amalan yang tak akan terputus setelah seseorang meninggal, yaitu anak yang sholeh, ilmu yang bermanfaat dan shadaqah jariah. Dengan menulis hal yang bermanfaat, maka manfaat dari tulisan itu akan menyebar dan akan menjadi ladang amal bagi seseorang. Bisa menjadi sumber ilmu bagi si pembaca dan menjadi amal jariah yang takkan terputus bagi orang yang menulis, Mashaa Allah. Sejak saat itu saya menjadi terinspirasi untuk menginspirasi. Maksudnya apa? Jadi begini, saya coba jelaskan dengan sesimpel mungkin, semoga dapat dipahami hihi. Ketika sang coach, pak Asep bertanya kepada setiap peserta ingin membuat blog dengan topik (niche blog) apa, saya menjawab ingin membuat blog yang berisi tentang pengambangan diri (self development) dan motivasi. Ih kok saya sok-sokan banget ya nulis tema yang kaya gitu haha. Entahlah, sebenarnya sejak lama saya ingin menjadi sosok yang menginspirasi dan memotivasi. Kenyataannya, sampai saat ini saya masih menjadi sosok pengeluh yang membutuhkan motivasi. Finally, mungin saja motivasi itu dapat dimulai dengan cara menuliskan kisah orang yang memotivasi atau apalah, jadi saya tidak perlu jadi orang yang dapat memotivasi melaui pengalaman pribadi untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain. Inshaa Allah kedepannya saya akan memposting tentang tips-tips atau apapun yang berhubungan dengan pengembangan diri, mohon support dan do’anya ya. Oh iya, kalau misalnya nanti kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang saya tulis mohon maaf ya, saya agak labil soalnya hehe. Sampai di tulisan ini kok saya jadi pusing ya. Tadi ngomong apa, nulis apa dan menceritakan apa. Ah sudahlah, semoga kalian paham mengerti ya.

Mau tahu gimana keseruan saat mengikuti pelatihan blogger Cianjur lebih lanjut? Tonton disini yaaa :


Bapak-ibu, kakek-nenek, adik-kakak semuanya jangan lupa juga mampir di channel youtube saya ya....
atau search Reani Channel ya di youtube, tapi maaf kontennya masih acak-acakan dan kualitas gambar kurang baik karena ngerekamnya cuma pakai hp alakadarnya, maklum masih kere L. Oh iya yuk kita jalin silaturahmi lebih jauh lagi hehe, jangan lupa follow akun instagram saya di https://www.instagram.com/iresianjani11 atau search @iresianjani11 ya... See you next time J


Wassalamu’alaikum wr. wb.



Comments

  1. blog seru dan lucu ala mahasiswi.. semangat terus untuk selalu menginspirasi.. ditunggu next artikel..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak kak... Inshaa Allah artikel selanjutnya akan segera terbit heheh

      Delete
  2. Selamat bergabung di Blogger Cianjur.
    Ditunggu tulisan selanjutnya ya
    (Okti)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang sekali bisa gabung di Blogger Cianjur... iya kak, inshaa Allah akan segera terbit tulisan selanjutnya

      Delete
  3. Dari tulisan ini saya banyak belajar, bagaimana prepare seorang wanita menghadiri acara, ternyata diluar ekspektasi pria,
    semangat terus menulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah wanita hehhe...

      Pasti kak akan tetap semangat, terima kasih

      Delete
  4. Sayang sekali ketinggalan materinya teteh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak... mungkin nanti teman2 yang lain bisa bagi materinya hehhe

      Delete
  5. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    ReplyDelete
  6. Lanjut terus teh resi ngeblognya, pelajari juga tehnik SEO nya teh (•‿•)

    Terima kasih,
    Muhamad Ilyas

    ReplyDelete
  7. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  8. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya ditipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal usaha dan hutang. Saya frustrasi saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

    Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Ibu Grace atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)
    CEO Tel.: +1(407)792-5682
    WhatsApp: +1(407)792-5682
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Kenapa tidak aktif lagi nulis di blognya sekarang ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. gak nyangka, aku baca ini di tahun 2022. Memang udah lama banget gak nulis, bukannya sibuk, tapi gak menyempatkan waktu aja huhu. Sekarang aku nulisnya lebih sering di instagram, tapi Insyaa Allah mau coba nulis lagi diblog ini, doakan ya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengejar Cinta Karmila

KENAPA KITA TIDAK SUKSES ?

Belajar Sabar dari Kisah Nabi Ayyub AS