DASAR DARI SEBUAH PENJUALAN



Apakah Anda adalah seorang pengusaha ? Orang yang bergerak di bidang marketing, selling ? Atau mungkin anda adalah seseorang yang sedang memulai bisnis? Tentu saja, tujuan akhir dari sebuah bisnis adalah adanya penjualan atau closing. Tanpa adanya penjualan atau closing, maka roda perputaran dalam suatu bisnis akan terhambat. Bahkan tidak akan berjalan sama sekali. Lalu, apa yang dimaksud dengan penjualan ?

Menurut Reeve, Warren, dan Durhac pengertian dari penjualan merupakan jumlah total yang dikenakan kepada pelanggan untuk barang dagangan yang dijual, termasuk penjualan tunai dan kredit. Penjualan juga dapat diartikan dengan proses pemenuhan kebutuhan penjual dan pembeli baik secara tunai maupun kredit.

Penjualan memang memiliki kaitan yang sangat erat dalam suatu bisnis. Sukses atau tidaknya suatu bisnis dapat diukur melalui banyaknya penjualan yang terjadi. Tentu saja, agar dapat menghasilkan penjualan yang maksimal, kita harus mengetahui dasar dari penjualan. Lantas apa sih dasar dari sebuah penjualan ?

Dikutip dari buku “Dasar Sebuah Penjualan”, Rio Komario menyebutkan bahwa sebenarnya dasar dari sebuah penjualan adalah “pengulangan”. Pengulangan? Maksudnya bagaimana ?. Jika kita adalah seseorang yang akrab dengan sosial media seperti instagram, facebook, youtube tiktok dan lain sebagainya, maka Anda tidak akan asing dengan iklan yang sering muncul ketika kita membuka aplikasi tersebut.

Salah satu jenis iklan yang muncul adalah iklan promosi dari marketplace seperti shopee dan tokopedia. Terkadang, kita mengabaikan iklan tersebut dengan menekan tombol close yang terdapat dalam iklan. Namun, karena adanya pengulangan, iklan tersebut tidak hanya sekali muncul, bahkan berkali-kali muncul ketika kita membuka sosial media. Lalu, apa akibatnya ?

Semakin sering kita melihat iklan tersebut, lama-kelamaan kita akan tertarik untuk mengunjungi situs iklan tersebut, mendownload aplikasinya, bahkan sampai terjadi transaksi pembelian barang di aplikasi tersebut. Ada yang pernah mengalaminya? Jujur, ketika melihat iklan di suatu marketplace dan ada barang yang menurut saya “lucu”, tak jarang membuat saya juga terhipnotis untuk membeli barang tersebut. Ada yang sama ?

Ternyata, pengulangan dapat membuat sesuatu menjadi nyata. Pengulangan adalah metode hypnosis. Ketika sesuatu diulang secara terus menerus, maka pikiran manusia akan mempercayainya. Dasar yang dipakai oleh berbagai industri periklanan merupakan pengulangan (Buku Spiritual Hypnoterapy).

Jika ditanya, ayam goreng fast food apa yang paling enak ? kebanyakan orang akan menjawab ayam goreng fast food yang paling enak adalah KFC. Kenapa KFC bisa seperti itu ? Alasannya karena KFC sering melakukan iklan dari zaman dahulu sehingga memiliki brand yang kuat. Hal itu juga dikuatkan dengan slogan KFC, “Jagonya ayam”. Kata-kata ini masuk ke alam bawah sadar kita sehingga kita menjadi percaya bahwa KFC adalah betul-betul jagonya ayam.

 

Hal itulah yang menyebabkan plafform besar seperti shopee dan tokopedia rela membayar mahal-mahal brand ambassador seperti BTS dan Ronaldo sebagai bintang iklan. Efeknya, ketika konsumen melihat BTS maka mereka akan mengingat Tokopedia. Sebaliknya, ketika melihat Ronaldo para konsumen akan teringat dengan Shopee. Bahkan, ketika kita melihat warna hijau, kita sering terbayang dengan tokopedia dan ketika melihat warna orange kita suka teringat dengan Shopee, bukan begitu ?

LANTAS, APA YANG HARUS KITA LAKUKAN ?

Berdasarkan hal tersebut, sebagai seseorang yang ingin meningkatkan penjualan ada beberapa pin yang harus kita lakukan, yaitu :

1.      Milikilah Niat dan Keyakinan yang Baik

Ketika memulai melakukan apapun, khususnya bagi yang sedang memulai bisnis, maka niatkanlah untuk membantu dan menuai kebermanfaatan bagi orang lain. Selain itu, Anda juga harus yakin bahwa Anda mampu memberikan manfaat dan memiliki pelayanan yang baik.

2.      Berani Beriklan

Setiap perusahaan beras mengetahui bahwa jika ingin usahanya sukses, maka mereka harus berani untuk berinvestasi melalui iklan. Nah, tak terpungkiri bagi kita yang sedang memulai usaha, jangan ragu untuk beriklan ya !

3.      Konsisten dan Ulangi Terus Menerus

Berbagai riset menunjukkan bahwa banyak konsumen yang akhirnya membeli suatu produk setelah melihat promo/iklan yang ke sekian kalinya.

 

Itulah dasar dari sebuah penjualan yang harus kita pahami sebagai seorang pembisnis. Semoga bermanfaat ya !

 

Comments

Popular posts from this blog

Mengejar Cinta Karmila

KENAPA KITA TIDAK SUKSES ?

Belajar Sabar dari Kisah Nabi Ayyub AS