DASAR DARI SEBUAH PENJUALAN
Apakah Anda adalah seorang pengusaha ? Orang yang bergerak di bidang marketing, selling ? Atau mungkin anda adalah seseorang yang sedang memulai bisnis? Tentu saja, tujuan akhir dari sebuah bisnis adalah adanya penjualan atau closing. Tanpa adanya penjualan atau closing, maka roda perputaran dalam suatu bisnis akan terhambat. Bahkan tidak akan berjalan sama sekali. Lalu, apa yang dimaksud dengan penjualan ?
Menurut
Reeve, Warren, dan Durhac pengertian dari penjualan merupakan jumlah total yang
dikenakan kepada pelanggan untuk barang dagangan yang dijual, termasuk
penjualan tunai dan kredit. Penjualan juga dapat diartikan dengan proses
pemenuhan kebutuhan penjual dan pembeli baik secara tunai maupun kredit.
Penjualan
memang memiliki kaitan yang sangat erat dalam suatu bisnis. Sukses atau
tidaknya suatu bisnis dapat diukur melalui banyaknya penjualan yang terjadi. Tentu
saja, agar dapat menghasilkan penjualan yang maksimal, kita harus mengetahui
dasar dari penjualan. Lantas apa sih dasar dari sebuah penjualan ?
Dikutip
dari buku “Dasar Sebuah Penjualan”, Rio Komario menyebutkan bahwa sebenarnya
dasar dari sebuah penjualan adalah “pengulangan”. Pengulangan? Maksudnya bagaimana
?. Jika kita adalah seseorang yang akrab dengan sosial media seperti instagram,
facebook, youtube tiktok dan lain sebagainya, maka Anda tidak akan asing dengan
iklan yang sering muncul ketika kita membuka aplikasi tersebut.
Salah
satu jenis iklan yang muncul adalah iklan promosi dari marketplace seperti
shopee dan tokopedia. Terkadang, kita mengabaikan iklan tersebut dengan menekan
tombol close yang terdapat dalam iklan. Namun, karena adanya pengulangan, iklan
tersebut tidak hanya sekali muncul, bahkan berkali-kali muncul ketika kita
membuka sosial media. Lalu, apa akibatnya ?
Semakin
sering kita melihat iklan tersebut, lama-kelamaan kita akan tertarik untuk
mengunjungi situs iklan tersebut, mendownload aplikasinya, bahkan sampai
terjadi transaksi pembelian barang di aplikasi tersebut. Ada yang pernah
mengalaminya? Jujur, ketika melihat iklan di suatu marketplace dan ada barang
yang menurut saya “lucu”, tak jarang membuat saya juga terhipnotis untuk
membeli barang tersebut. Ada yang sama ?
Ternyata,
pengulangan dapat membuat sesuatu menjadi nyata. Pengulangan adalah metode
hypnosis. Ketika sesuatu diulang secara terus menerus, maka pikiran manusia
akan mempercayainya. Dasar yang dipakai oleh berbagai industri periklanan
merupakan pengulangan (Buku Spiritual Hypnoterapy).
Jika
ditanya, ayam goreng fast food apa yang paling enak ? kebanyakan orang akan
menjawab ayam goreng fast food yang paling enak adalah KFC. Kenapa KFC bisa
seperti itu ? Alasannya karena KFC sering melakukan iklan dari zaman dahulu
sehingga memiliki brand yang kuat. Hal itu juga dikuatkan dengan slogan KFC, “Jagonya
ayam”. Kata-kata ini masuk ke alam bawah sadar kita sehingga kita menjadi
percaya bahwa KFC adalah betul-betul jagonya ayam.
Hal
itulah yang menyebabkan plafform besar seperti shopee dan tokopedia rela
membayar mahal-mahal brand ambassador seperti BTS dan Ronaldo sebagai bintang
iklan. Efeknya, ketika konsumen melihat BTS maka mereka akan mengingat
Tokopedia. Sebaliknya, ketika melihat Ronaldo para konsumen akan teringat
dengan Shopee. Bahkan, ketika kita melihat warna hijau, kita sering terbayang
dengan tokopedia dan ketika melihat warna orange kita suka teringat dengan
Shopee, bukan begitu ?
LANTAS,
APA YANG HARUS KITA LAKUKAN ?
Berdasarkan
hal tersebut, sebagai seseorang yang ingin meningkatkan penjualan ada beberapa
pin yang harus kita lakukan, yaitu :
1.
Milikilah Niat
dan Keyakinan yang Baik
Ketika
memulai melakukan apapun, khususnya bagi yang sedang memulai bisnis, maka
niatkanlah untuk membantu dan menuai kebermanfaatan bagi orang lain. Selain itu,
Anda juga harus yakin bahwa Anda mampu memberikan manfaat dan memiliki
pelayanan yang baik.
2.
Berani Beriklan
Setiap
perusahaan beras mengetahui bahwa jika ingin usahanya sukses, maka mereka harus
berani untuk berinvestasi melalui iklan. Nah, tak terpungkiri bagi kita yang
sedang memulai usaha, jangan ragu untuk beriklan ya !
3.
Konsisten dan
Ulangi Terus Menerus
Berbagai
riset menunjukkan bahwa banyak konsumen yang akhirnya membeli suatu produk
setelah melihat promo/iklan yang ke sekian kalinya.
Itulah
dasar dari sebuah penjualan yang harus kita pahami sebagai seorang pembisnis. Semoga
bermanfaat ya !
Comments
Post a Comment