7 TIPS MEMILIH JURUSAN KULIAH


Bingung akan memilih jurusan apa saat kuliah? Berikut 7 tips yang bisa kalian jadikan acuan untuk memilih jurusan kuliah. Check it dot !

1.      PILIH JURUSAN SESUAI DENGAN APA YANG KAMU SUKAI
Jika kita melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kita sukai, pasti kita tidak akan merasa terbebani. Bahkan, kita akan sangat menikmati hal tersebut. Misalkan, jika kamu suka bernyanyi atau memainkan alat musik, maka kamu bisa memilih jurusan seni. Jika kamu suka berolahraga, kamu bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan olahraga dan lain sebagainya.
2.      PILIH JURUSAN SESUAI KEMAMPUAN / PASSIONMU
Banyak mahasiswa yang drop out yang salah satu penyebabnya adalah karena mereka memilih jurusan yang tidak sesuai dengan kemampuan. Jadi, ketika memilih jurusan kita juga harus mempertimbangkan dengan kemampuan yang ada pada diri sendiri. Jangan karena banyak teman yang memilih jurusan kedokteran, akhirnya kamu juga ikut-ikutan. Padahal, kemampuanmu bukan dalam bidang tersebut. Walaupun menurut kamu, menjadi seorang dokter adalah suatu hal yang keren, tapi jika kamu tidak memiliki kemampuan di bidang tersebut maka akan lebih baik jika kamu memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuanmu.
3.      PROSPEK KERJA
Kalau sudah lulus kamu mau kerja dimana? Hmm... sebenarnya ini adalah suatu bentuk pertanyaan yang sudah mendarah daging dan harus diperbaiki dalam mindset masyarakat Indonesia. Kok bisa? Iya, karena kebanyakan masyarakat Indonesia setelah lulus kuliah akan melamar pekerjaan bukan menciptakan lapangan pekerjaan. Sebenarnya sah-sah aja sih jika kalian ingin menjadi seorang karyawan. Hanya saja persentase jumlah pengusaha di Indonesia sangat kecil, sehingga Indonesia akan sulit untuk menjadi sebuah negara maju. Hal tersebut dikarenakan salah satu syarat untuk menjadi negara maju adalah dengan adanya jumlah wirausahawan yang cukup banyak. Tapi, menjadi seorang karyawan juga bisa menjadi batu loncatan buat kamu yang ingin menjadi wirausaha. Kita bisa mengumpulkan modal, baru setelah itu kita bisa mencoba untuk berwirausaha.
Tapi satu hal yang perlu diingat adalah tidak ada yang lebih baik antara menjadi seorang karyawan ataupun wirausaha. Buat kamu yang lebih suka menjadi karyawan daripada mencoba berbisnis sendiri karena memiliki banyak resiko, itu juga merupakan hak yang baik. Tidak akan ada seorang atasan jika tidak ada bawahan, bener gak? Intinya tidak ada yang lebih baik, karena antar setiap manusia pasti memiliki rasa ketergantungan dan saling membutuhkan. Satu hal yang menjadikan seseorang lebih baik dari orang lain adalah dengan tingkat keimanan dan ketaqwaan orang tersebut.
Oke, jadi buat kalian yang masih bingung mau kuliah dengan jurusan apa, kalian bisa melihat prospek kerja dari jurusan yang kalian ambil. Misalkan jika ingin menjadi seorang guru kalian bisa memilih jurusan di bidang ilmu pendidikan. Jika ingin menjadi dokter, kalian bisa memilih jurusan kedokteran dan lain sebagainya. Masih bingung juga? Kalau masih bingung kalian bisa searching prospek kerja yang ada dalam suatu jurusan. Jika di dalam jurusan tersebut prospek kerjanya sesuai dengan yang kalian inginkan, maka kalian bisa memilih jurusan tersebut.

4.      PILIH JURUSAN YANG DAPAT MASUK KE BANYAK BIDANG ATAU DIBUTUHKAN DIMANA-MANA
Tips ini hampir mirip dengan tips sebelumnya, hanya saja jika di tips nomor tiga kalian juga bisa memilih jurusan kuliah yang hanya terfokus untuk mendapatkan pekerjaan di satu tempat. Sedangkan, tips ini menyarankan kalian untuk memilih jurusan yang dibutuhkan di banyak tempat. Misalnya adalah jurusan yang berhubungan dengan akuntansi/keuangan. Dalam setiap perusahaan, pasti memerlukan seseorang untuk mencatat dan memanage keuangan. Jadi jika kalian memilih jurusan akuntansi kalian akan memiliki kesempatan kerja yang lebih luas, bisa di perusahaan retail, pabrik, BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan lain sebagainya.

5.      AKREDITASI
Akreditasi juga menetukan kualitas dan prospek kerja dalam menentukan jurusan kuliah. Umumnya suatu perusahaan menetapkan standar akreditasi B untuk dapat bekerja di perusahaan tersebut. Semakin baik nilai akreditasi dari suatu jurusan, semakin dipertimbangkan pula jika setelah lulus kalian melamar di suatu perusahaan.
6.      BIAYA
Dalam menentukan jurusan kuliah, biaya merupakan salah satu aspek yang paling mendasar. Kalian juga harus memperhatikn keadaan ekonomi keluarga, jika sekiranya kalian menginginkan masuk ke jurusan kedokteran yang biayanya cukup mahal sedangkan orang tua tidak mendukung. Kalian bisa memilih jurusan lain yang lebih sesuai dengan pendapatan orang tua kalian.
7.      DERDO’A DAN MEMINTA RESTU ORANG TUA
Setiap hal yang terjadi dalam kehidupan tentinya tidak terlepas dari kuasa sang Khalik. Jangan lupa berdo’a dan meminta restu orang tua agar jurusan yang kalian pilih bisa memberikan manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Itulah 7 tips yang dapat kalian jadikan pertimbangan dalam menentukan jurusan kuliah. Semoga tulisan ini bermanfaat...
Jangan lupa share tulisan ini agar lebih banyak orang yang membaca dan mendapat manfaat. Terima kasih, see u in the next posting guysJ

Comments

Popular posts from this blog

Mengejar Cinta Karmila

KENAPA KITA TIDAK SUKSES ?

Belajar Sabar dari Kisah Nabi Ayyub AS