Peluang Bisnis Pertanian di Tahun 2020

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumberdaya alam yang sangat mumpuni. Salah satunya dari sektor pertanian yang merupakan salah satu jenis mata pencaharian terbesar di Indonesia sendiri. Pada tahun 1980-an, Indonesia mampu mencapai titik tertingginya di bidang pertanian, dimana saat itu Indonesia mampu melakukan swasembada pangan. 

Sayangnya, seiring berjalannya waktu sektor pertanian di Indonesia mulai mengalami penurunan. Tak hanya itu, regenerasi pertanian pun semakin lama semakin menurun. Jika hal ini terus di biarkan, bagaimana kondisi pertanian Indonesia di masa mendatang ?
Ternyata, walaupun dipandang sebelah mata oleh beberapa pihak. Bisnis di bidang pertanian memiliki peluang yang sangat besar. Hal ini di karenakan pertanian merupakan salah satu jenis bisnis yang tak akan ada matinya. “No food, no life”, begitulah istilahnya. Tanpa adanya pertanian, tidak mungkin ada makanan dan tanpa makanan tidak akan ada kehidupan. Begitu pentingnya pertanian dalam membangun aspek-aspek kehidupan.

Lalu apa saja peluang bisnis yang ada di bidang pertanian ? Simak selengkapnya di bawah ini ^^

Penyedia Benih dan Bibit Pertanian
Bibit merupakan komponen yang sangat penting di bidang pertanian. Petani sendiri memerlukan jenis benih dan bibit yang bermutu dan berkualitas tinggi. Tentu saja, untuk memulai bisnis ini diperlukan pengetahuan mengenai kriteria benih yang baik serta bagaimana cara menghasilkan benih yang baik dan bermutu tinggi.

Untuk mendapatkan jaminan benih yang berkualitas, para pembisnis di bidang pembibitan ini harus mendaftarkan terlebih dahulu benih nya ke Badan Sertifikasi Benih Nasional (BSBN). Jika benih sudah tersertifikasi, maka petani tak akan ragu lagi memebli benih ataupun bibit di tempat Anda

Penyedia Pupuk dan Obat-obatan Pertanian
Dalam bududaya pertanian sendiri, tanaman membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhannya. Salah satu nutrisi tersebut dapat diperoleh dengan adanya pupuk. Selain itu, pada saat awal budidaya sampai panen, hama dan penyakit tanaman selalu menjadi bayang-bayang yang maampu menurunkan produktivitas pertanian hampr 90%. Karena hal tersebut, petani tentu saja memerlukan berbagai jenis obat-batan atau pestisida dalam usaha taninya.

Budidaya Sayuran Organik

Semakin sadarnya masyarakat akan bahaya mengonsumsi sayuran yang menggunakan bahan kimia seperti pestisida membuat konsumsi sayuran organik semakin meningkat. Hanya saja saat ini orang-orang yang care dengan kesehatan umumnya berasal dari kalangan menengah ke atas. Tapi, potensi bisnis sayuran organik ini sangat menguntungkan.

Hanya saja untuk dapat membudidayakan sayuran organik ada ketentuan tertentu. Di samping itu, untuk mendapatkan sertifikasi organik juga memerlukan biaya yang lumayan mahal. Tapi hal itu sebanding dengan hasil yang akan disapat nantinya.

Budidaya Sistem Hidroponik
Hidroponik merupakan budidaya tanaman dengan menggunakan media air. Nutrisi untuk tanaman juga biasanya diberikan melalui air. Kelebihan dari budidaya hidroponik adalah dapat dilakukan di lahan yang sempit sekalipun. Sedangkan kekurangannya adalah tidak semua jenis tanamn dapat di budidayakan secara hidroponik.

Biro Ekspor dan Impor Hasil Pertanian
Dapat mengekspor produk pertanian merupakan impian banyak petani. Sayangnya hal ini menjadi kendala bagi petani yang belum mampu memasarkan produk pertanian. Ditambah lagi adanya perdagangan bebas global yang begitu ketat membuat petani memerlukan biro untuk menjadi perantara ekspor impor sehingga petani bisa menjual hasil pertaniannya menjadi semakin luas. Kita dapat memanfaatkan berbagai jenis informasi untuk dapat menjadi biro ekspor. Salah satu hal yang harus dikuasai adalah pemahaman bahasa asing khususnya Ingris.


Itulah beberapa peluang bisnis di bidang pertanian, semoga bermanfaat dan semoga para pembaca dapat menjadi entrepreneur di bidang pertanian. Apabila tulisan ini bermanfaat, janan lupa share agar semakin bermanfaat ya ^^

Comments

Popular posts from this blog

Mengejar Cinta Karmila

KENAPA KITA TIDAK SUKSES ?

Belajar Sabar dari Kisah Nabi Ayyub AS