KEUTAMAAN (FADHILAH) PUASA RAMADHAN DI 10 HARI PERTAMA





Assalamu’alaiku wr. wb.

Apa kabar semuanya? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Salah satu hal yang patut kita syukuri saat ini adalah karena Allah SWT masih menyampaikan usia kita sampai di bulan Ramadhan tahun ini. Ramadhan merupakan salah satu bulan yang sangat dinanti-nanti oleh kaum muslimin. Bagaiman tidak, di bulan Ramadhan Allah menutup rapat-rapat pintu Neraka dan membuka selebar-lebarnya pintu Syurga. Selain itu, pahala kebaikan di bulan Ramadhan juga dilipatgandakan. Mashaa Allah, sangat luar biasa nikmat yang Allah karuniakan kepada kita semua.

Memasuki awal bulan Ramadhan tentua akan ada beberapa perubahan yang kita rasakan. Misalnya dari pola makan hingga adanya amalan shalat yang istimewa dimana hanya ada di bulan Ramadhan, yaitu shalat tarawih. Ternyata, di awal-awal bulan Ramadhan tantangan dan godaan akan datang lebih besar. Hal ini bisa disebabkan karena agak berubahnya pola kegiatan kita.

Apa saja tantangan yang muncul di 10 hari pertama bulan Ramadhan?

TANTANGAN PUASA RAMADHAN DI 10 HARI PERTAMA
Masa tersulit dimana kita dituntut untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru, yakni tidak makan dan minum disiang hari adalah salah satu tantangan pada sepuluh hari pertama dalam bulan Ramadhan. Meskipun demikian, sepuluh hari pertama juga merupakan hari-hari dimana sebagian umat islam berbondong-bondong dan dengan semangat melaksanakan ibadah khususnya ibadah shalat tarawih di masjid. Masha Allah
Menurut beberapa riwayat pada sepuluh hari pertama ramadhan, Allah memberikan rahmat kepada seluruh umatnya. Dimana semua pintu rahmat atau berkat Allah dibuka dan sebagai umat muslim yang beriman tentunya kita tidak boleh melewatkannya. Rahmat Allah SWT adalah berkah kasih sayang allah kepada makhluknya dan dengan rahmatnya inilah kita bisa terus hidup dan melaksanakan ibadah yang dipersiapkan untuk kehidupan di Akhirat. Luar biasa bukan ? karenanya jangan sampai kita melewatkan 10 hari pertama di bulan Ramadhan ini.
Nah, readers... pada sepuluh hari pertama ramadhan ini umat islam sebaiknya memperbanyak ibadah dan menjaga diri dari hawa nafsu yang dapat membatalkan puasa. Jika  melewatkannya, kita akan termasuk ke dalam orang-orang yang merugi. Lalu, bagaimana cara agar kita dapat meraih rahmat Allah SWT pada sepuluh hari pertama ramadhan? Berikut ini adalah beberapa fadhilah atau keutamaan puasa Ramadhan di 10 hari pertama :

1. Memperbanyak Ibadah Sunnah

Ada banyak sekali ibadah sunnah yang dapat dilakukan, diantaranya adalah shalat sunnah seperti shalat dhuha, maupun shalat sunnah rawatib baik sebelum maupun sesudah shalat fardu. Bisa juga dengan melakukan sunnah-sunnah kecil yang terkadang sering kita lupakan, seperti sunnah saat mengambil air wudhu dan lain sebagainya.

2. Memperbanyak Membaca Alqur’an

Alqur’an pertama kali diturunkan dan di bulan Ramadhan. Selain itu, di bulan Ramadhan pahala membaca Alqur’an juga dilipatgandakan. Daripada kita melakukan hal yang tidak bermanfaat dan bathil selama bulan puasa, maka akan lebih baik jika kita menggunakan waktu luang untuk memperbanyak membaca Alqur’an karena membaca Alqur’an bisa mendatangkan ketenangan hati dan rahmat Allah SWT.

3. Banyak-Banyaklah Berzikir
Zikir adalah salah satu bentuk ibadah dimana kita mengingat Allah. Ketika kita mengingat Allah, maka Allah akan mengingat kita lebih banyak lagi. Yah, daripada mulut banyak ngedumel ngomongin orang, mendingan kita berdzikir, iya gak?

4. Menghindari Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa
            Ada banyak sekali hal-hal yang dapat membatalkan puasa atau membuat pahala dari amalan puasa kita hilang, jadi puasa kita hanya berpahala lapar dan haus saja. Ingat, Allah tidak butuh lapar dan haus kita. Allah hanya ingin jika kita berpuasa dengan sepenuh jiwa hanya dengan mengharap ridha-Nya. Lalu bagaimana jika kita berpuasa, tapi masih suka ngomongin orang, masih suka marah-marah dan lain sebagainya? Jawab sendiri ya hehe

5. Shalat Wajib Berjamaah
Sudah tahu kan keutamaan shalat berjamaah? Shalat berjamaan pahalanya akan 27x lipat dibanding shalat munfarid atau sendiri. Bisa kita bayangkan, jika shalat berjamaah ini dilakukan di bulan Ramadhan, akan menjadi berapa pahalanya? Rasullullah SAW sendiri tidak pernah meninggalkan shalat berjamaah meskipun dalam keadaan sakit maupun cuaca yang tidak menentu. Siapa nih yang pejuan sunnah? Perilaku Rasulullah tersebut tentunya sangat layak untuk kita tiru.

6. Perbanyak Doa kepada Allah SWT
            Do’a merupaka sarana berkomunikasi antara mahluk dengan Allah SWT. Berdo’alah, Inshaa Allah akan dikabulkan karena Allah maha mengabulkan do’a. Perbaiki dulu mindset kita, kalau belum dikabulin sekarang, inshaa Allah nanti dikabulinnya. Berperasangka baiklah, karena Allah tergantung bagaimana prasangkamu terhadap-Nya

7. Silaturahmi
Banyak sekali manfaat dari bersilaturahmi ini, menyambung tali persaudaraan dan sebagainya. Mau umur tambah panjang? Bersilaturahmilah. Allah menyukai orang-orang yang menyambung tali silaturahmi. Terus gimana dong kalau orang yang mau kita sambung tali silaturahminya jauh bingits?? Ya gampang, kan ada hp tuh... bis di SMS, telepon, WA dan sebagainya hehe...

Eko eh oke readers mungkin itu saja yang dapat mimin sampaikan. Semoga bermanfaat...
Wassalamu’alaikum wr. wb.

Sumber : Kitab “Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah”, tentang keutamaan bulan Ramadhan secara detail dari hari ke hari.


Comments

Popular posts from this blog

Mengejar Cinta Karmila

KENAPA KITA TIDAK SUKSES ?

Belajar Sabar dari Kisah Nabi Ayyub AS